60 Ruko Terbakar di Pasar Tembesuk Sintang, Kerugian Capai Rp 10 Miliar
2021-06-11 agus

SINTANG - Musibah kebakaran melanda Kawasan Pasar Taman Tembesuk, yang berada Jalan Wirapati, Sungai Durian, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, pada selasa malam menghanguskan puluhan ruko.

Data Polres Sintang mencatat, jumlah ruko yang terbakar sekitar 60 pintu.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Namun, kerugian materil ditaksir mencapai Rp 10 miliar rupiah.

Korsleting listrik diduga jadi pemicu kebakaran.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kebakaran terjadi sekitar pukul 18. 30 WIB, Selasa 8 juni 2021 malam.

"Malam itu, Hendri, pemilik warung Mie B2 melihat api berasal dari toko sepatu dan tas milik Pilil yang diduga mengalami korsleting listrik. Kemudian api membesar dan menyebar ke ruko lainnya," kata Kapolres Sintang, AKBP Ventie Bernard Musak, melalui Kasubag Humas Iptu Hariyanto, kepada Tribun Pontianak, Rabu 9 Juni 2021.

Selang beberapa saat kemudian datang mobil pemadam kebakaran dari Busera dan Damkar Kabupaten Sintang untuk melakukan upaya pemadaman.

Ratusan masyarakat yang berkerumun di lokasi kebakaran menyebabkan arus mobilisasi mobil damkar tersendat.

Petugas kepolisian mendesak mundur masyarakat yang menyaksikan peristiwa kebakaran, agar tidak mengambat upaya pemadaman. Petugas pun memasang tali rapiah, sebagai pembatas.

Bupati Sintang, Jarot Winarno pun tampak langsung turun ke lokasi meninjau dan memberikan suport kepada petugas yang melakukan proses pemadaman.

Ketiadaan sumber air di lokasi kebakaran mengambat proses pemadaman. Mobil pemadam terpaksa mengambil air dari sungai kapuas.

Total ada 14 unit mobil damkar gabungan yang berjibaku memadamkan kobaran api.

Ada 6 unit mobil damkar sintang dikerahkan, 4 unit busera, 2 manggala agni, ada pula mobil BPBd dan yayasan gotong royong sepauk yang turut membantu proses pemadaman.

Polres Sintang pun, menurunkan Armor Water Canon (AWC) Polres Sintang.

"Sekitar pukul 22.30 WIB api sementara sudah dapat dikendalikan oleh pihak pemadam, namun masih ada beberapa titik api yang masih menyala," kata Hariyanto.

60 pintu ruko yang terbakar, rinciannya:

30 ruko besar berukuran sekitar 5x10 meter dan 30 ruko kecil berukuran sekitar 2x3 meter.

Ruko yang terbakar, ada warung makan, toko bangunan, bengkel motor, ATK, elektronik, hingga grosir pakaian.

"Kerugian jiwa tidak ada. Kerugian Materiil sekitar Rp 10 Miliar. Satreskrim Polres Sintang melakukan penyelidikan serta identifikasi guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran dan melakukan pengamanan TKP dengan memasang Police Line," kata Hariyanto.